Pelatihan Penyegaran Bagi Kader Posyandu dan TPK Terkait Kegiatan Konseling PMBA dan Pemanfaatan Elsimil di Kabupaten Kulon Progo

Di Kelurahan Nomporejo, Galur, Kulonprogo dilaksanakan sosialisasi mengenai pencegahan stunting pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari PKGM FK-KMK UGM Bersama dengan universitas mitra yaitu Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan ini dihadiri oleh kader dari 8 posyandu (kenanga, kantil, mawar, melati, cempaka, anggrek, menur, flamboyan) dengan total peserta yang hadir 31 kader.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan keterlibatan kader posyandu dalam melakukan konseling PMBA kepada ibu balita saat di Posyandu. Diharapkan dengan kegiatan ini kegiatan konseling di posyandu dapat berjalan semakin efektif dan berdampak pada penurunan angka stunting.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Ibu Rusy selaku Kamituwo Nomporejo.yang kemudian  dilanjutkan dengan pemaparan materi. Ada 4 sesi dalam pelaksanaan kegiatan hari ini, yaitu 3 sesi berupa pemaparan materi secara klasikal. Sosialisasi diawali dengan materi pengukuran antropometri untuk skrining stunting oleh Rosyida Awalia, S.Gz., M.Imun. Materi selanjutnya adalah mengenai PHBS dan dapur sehat untuk mencegah stunting dari Dr. Dyah Suryani, S.Si, M.Kes. Selanjutnya, diberikan materi terkait ASI eksklusif sebagai prediktor status gizi anak & Menyusui untuk mencegah stunting oleh Rachmawati W., S.Gz., MPH. Peningkatan pengetahuan peserta dievaluasi menggunakan pre-test dan post-test yang diberikan di akhir acara. Setelah itu dilakukan praktik penteksturan PMBA bersama peserta.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Kami selalu terbuka dengan kesempatan untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Silakan ajukan pertanyaan, saran, maupun ide Anda.

Hubungi Kami
Sekretariat
Copyright © 2022 Beranting