Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pemantauan Tumbuh Kembang dalam Genggaman Android (DEPA 2.1) Melalui Posyandu di Kota Yogyakarta

Pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 diadakan sosialisasi dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta mengenai sosialisasi dan pelatihan penggunaan DEPA 2.1. Kegiatan sosialisasi ini diadakan di  Balai Desa Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta yang dihadiri oleh 37 perwakilan warga Gedongkiwo yang terdiri dari Kader Posyandu, Ibu Balita, TPK, dan Guru PAUD. Materi pada kegiatan sosialisasi ini dibawakan oleh Dr. Tri Siswati, M.Kes dan M. Primiaji Rialihanto, SST, M. Kes dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Lurah Gedongkiwo, selanjutnya dibuka materi pendahuluan oleh Ibu Tri Siswati dan dilanjutkan dengan pemaparan materi secara klasikal dan uji coba aplikasi DEPA 2.1 yang dipandu oleh bapak Primiaji Rialihanto. Kegiatan berlangsung dengan lancar, warga dan pihak kelurahan sangat antusias menyambut acara ini untuk mempercepat penurunan angka stunting di DIY. Peningkatan pengetahuan peserta dievaluasi menggunakan pre-test dan post-test.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman, penerimaan dan keterampilan tenaga penggerak di masyarakat mulai dari kader posyandu, kader pembangunan manusia dan guru/pembina PAUD serta ibu balita dalam menggunakan aplikasi pemantauan tumbuh kembang dalam genggaman android (DEPA 2.1). Aplikasi ini diciptakan untuk mempermudah dalam pemantauan tumbuh kembang secara mandiri atau self monitoring.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Kami selalu terbuka dengan kesempatan untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Silakan ajukan pertanyaan, saran, maupun ide Anda.

Hubungi Kami
Sekretariat
Copyright © 2022 Beranting