Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pemantauan Tumbuh Kembang dalam Genggaman Android (DEPA 2.1) Melalui Posyandu di Kabupaten Kulon Progo

Kegiatan sosialisasi diselenggarakan oleh PKGM FK-KMK UGM Bersama dengan Universitas mitra yaitu Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan ini diadakan di Balai Desa Nomporejo, Galur, Kulonprogo pada hari Senin, 14 November 2022. Dihadiri oleh 35 perwakilan warga Nomporejo yang terdiri dari Kader Posyandu dan TPK, kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan materi mengenai sosialisasi dan penggunaan aplikasi Elsimil dan DEPA 2.1.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman, penerimaan dan keterampilan tenaga penggerak di masyarakat (kader posyandu, kader pembangunan manusia dan guru/pembina PAUD) dan ibu balita dalam menggunakan aplikasi pemantauan tumbuh kembang dalam genggaman android (DEPA 2.1) serta bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kader dan TPK dalam melakukan pemantauan pada calon pengantin dengan menggunakan aplikasi Elsimil. Aplikasi ini diciptakan untuk mempermudah dalam pemantauan tumbuh kembang secara mandiri atau self monitoring. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Ibu Rusy Priyani, S.Kom selaku Kamituwo Desa Nomporejo Galur Kulonprogo, selanjutnya dibuka materi sesi 1 oleh Muslikhah, S.P., yang merupakan penyuluh KB BKKBN, terkait dengan sosialisasi aplikasi Elsimil. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan interaktif saat tanya jawab. 

Selanjutnya untuk sesi 2 dimulai dengan pendahuluan oleh Ibu Dr. Tri Siswati, M.Kes (Poltekkes Yogyakarta) dan dilanjutkan dengan pemaparan materi secara klasikal dan uji coba aplikasi DEPA 2.1 yang dipandu oleh M. Primiaji Rialihanto, SST, M. Kes (Poltekkes Yogyakarta). Kegiatan berlangsung dengan lancar, warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Peningkatan pengetahuan peserta dievaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Dalam formular post test juga dilakukan evaluasi terhadap aplikasi DEPA 2.1 dan Elsimil.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Kami selalu terbuka dengan kesempatan untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Silakan ajukan pertanyaan, saran, maupun ide Anda.

Hubungi Kami
Sekretariat
Copyright © 2022 Beranting