[PRE-EVENT PRESS RELEASE] URUN REMBUG 2 Sinergi Pentahelix untuk Yogyakarta Bebas Stunting

YOGYAKARTA – Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia (PKGM), Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada akan menyelenggarakan acara “Urun Rembug #2 Sinergi Pentahelix untuk Yogyakarta Bebas Stunting” pada Sabtu, 3 Desember 2022. Urun Rembug merupakan forum berbagi informasi dan praktik baik antar unsur pentahelix yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Matching Fund Kedaireka Jogja ISTIMEWA: Inisiasi Sinergi oleh Perguruan Tinggi Menuju Kawasan Bebas Stunting. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek – dikti RI) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kegiatan ini akan diselenggarakan secara hybrid yaitu luring di Garden Meeting Room Lt. 1 Hotel Eastparc Yogyakarta dan secara daring (Zoom Meeting melalui pranala https://bit.ly/ZoomUrunRembug2 dan Youtube Mari Beranting) pada 08.00-16.00 WIB.

Terdapat dua jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Pertama, penyampaian materi dan sosialisasi dari unsur akademisi, pemerintah, dunia usaha, komunitas, dan media mengenai pentingnya pengarusutamaan isu stunting pada berbagai pihak. Kedua, publikasi poster kegiatan-kegiatan upaya penurunan stunting yang telah dilakukan. 

Penyampaian materi terdiri dari empat sesi yaitu satu sesi keynote speech, dan tiga sesi talkshow. Sesi keynote speech akan disampaikan oleh Ketua Pelaksana Program Jogja ISTIMEWA yaitu Dr. Lily Arsanti Lestari, STP., MP untuk melaporkan kegiatan program Jogja ISTIMEWA”. Selain itu undangan juga diberikan kepada Rektor UGM* yang akan menyampaikan tentang “Kontribusi Perguruan Tinggi untuk Penurunan Stunting”. 

Sesi selanjutnya adalah diskusi panel yang akan mengulas tentang Multiple helix dalam Upaya Penurunan Stunting. Pada sesi ini akan mengundang 2 narasumber yaitu Kepala BKKBN* untuk memaparkan tentang “Kaleidoskop Satu Tahun Pendampingan Keluarga untuk Penurunan Angka Stunting” dan Ketua TP PKK DIY* untuk menyampaikan “Keterlibatan Masyarakat dalam Mendorong Implementasi Program Gizi Masyarakat”. 

Sesi akan dilanjutkan dengan diskusi panel kedua yang mengangkat tema keterlibatan dunia usaha dan media.  International Labor Organization (ILO) direncanakan akan hadir secara daring dan memaparkan tentang “Health Promoting Workplace, sebagai Penjaminan Hak Gizi dan Kesehatan Karyawan”. Peran media dalam membangun komunikasi publik untuk mendorong upaya penurunan stunting juga akan disampaikan oleh KOMPAS Yogyakarta* 

Sesi tersebut akan diakhiri dengan Launching Kanal Ilmu Pengetahuan Bersatu Atasi Stunting (BERANTING) yang akan disampaikan oleh Ibu Mutiara Kusuma, PhD dan Maria Wigati, MPH sebagai pelaksana Jogja ISTIMEWA. Terdapat video dokumenter kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan serta upaya untuk memastikan keberlanjutan program melalui kanal pengetahuan dan kursus terbuka untuk seluruh pihak dan masyarakat.

Urun Rembug #2 juga membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk terlibat dan meramaikan kegiatan tersebut melalui publikasi poster. Tema yang diangkat adalah “Aktivitas Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat Mengenai Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting Di DIY dan Indonesia”.  

Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa maupun umum dan tidak dipungut biaya apapun. Peserta akan mendapatkan benefit E-sertifikat, publikasi poster, serta relasi. Peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan diri melalui pranala.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi narahubung di bawah ini:

Narahubung : 0895603650345 (Salwa)

Pendaftaran Urun rembug (daring) : http://bit.ly/RSVP_Daring

Pendaftaran publikasi poster : https://bit.ly/SubmitPoster25Nov22

Email : ch2n.fk@ugm.ac.id

Instagram : @berantings

Youtube : Mari Beranting 

*Narasumber tahap konfirmasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Kami selalu terbuka dengan kesempatan untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Silakan ajukan pertanyaan, saran, maupun ide Anda.

Hubungi Kami
Sekretariat
Copyright © 2022 Beranting